Pengunjung Blog Mekanik Otomotif

Rabu, 29 Februari 2012

Medan Magnet

Berdasarkan kemampuan benda menarik benda lain dibedakan menjadi dua, yaitu benda magnet dan benda bukan magnet. Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda magnet, sedangkan benda yang tidak dapat ditarik magnet disebut benda nonmagnetik.

Benda yang dapat ditarik magnet dikelompokkan menjadi 3, yaitu benda ferromagnetik, benda paramagnetik, dan benda diamagnetik. Benda yang kuat ditarik oleh magnet disebut benda ferromagnetik, contohnya ; Besi, Baja, Nikel, dan kobalt. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut benda paramagnetik, contohnya ; Platina, tembaga, dan garam. Benda yang ditolak oleh manet disebut benda diamagnetik, contohnya ; Timah, alumunium, emas, dan bismuth.

Jika disekitar magnet batang diletakkan benda magnetik, benda-benda itu akan ditarik oleh magnet makin dekat dengan magnet. Gaya tarik yang dialami benda makin kuat, makin jauh dari magnet makin kecil gaya tarik yang dialami oleh benda ruang disekitar magnet yang masih terdapat pengaruh gaya magnet disebut medan magnet. Pada tempat tertentu benda tidak mendapat pengaruh gaya tarik magnet. Benda yang demikian dikatakan benda diluar medan magnet. Medan magnet tidak dapat dilihat dengan mata.. Namun keberadaannya dan dilihat dengan mata. Namun keberadaannya dan polanya dapat dilanjutkan seperti garis-garis yang menggambarkan polammedan magnet disebut garis gaya magnet (GGM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar