Pengunjung Blog Mekanik Otomotif

Selasa, 10 Januari 2012

Pengelompokan Bahan Logam

  • Mekanis
  • Teknis
  • Kemis
  • Ekonomis
A. Tidak semua bahan disekitar kita ini dapat disebut bahan tehknik, karena bahan tehknikharus memenuhi syarat-syarat. Selain itu juga harus dipertimbangkan mengenai kemampuan bahan, daya tahan bahan dan yang lebih penting dapat digunakan dalam lapangan tehknik dan tehknik proses.

Bahan tehknik dapat digolongkan dalam kelompok logam dan non logam. Selain dua kelompok tersebut ada kelompok lain yang dkenal dengan nama metaloid, menyerupai logam yang sebenarnya termasuk bukan logam. Logam dapat digolongkan pula dalam kelompok logam ferro, yaitu logam yang mengandung besi. dan logam non ferro atau logam yang tidak mengandung besi.

Dengan memadukan 2 logam atau lebih dapat diperoleh sifat-sifat yang lebih baik dari logam asalnya. dengan memadukan dua logam yang lemah dapat diperoleh logam paduan yang kuat dan keras. Misalnya tembaga dengan timah keduanya adalah logam yang lunak dan lemah, bila dipadukan akan menjadi logam yang keras dan kuat dengan nama perunggu. Besi murni adaah bahan yang lunak sedangkan zat arang(bukan logam) adalah bahan yang rapuh. paduan besi dengan zat arang menjadi baja yang keras dan kuat.

Logam pada umumnya terdapat di alam (tambang dlm bntuk biji-bijian berupa batuan/mineral). Biji logam tersebut masih terkait dengan unsur-unsur lain sebagai oksida, sulfida, atau karbonat. ada beberapa jenis logam yang terdapat di alam dalam keadaan murni, artinya sebagai logam asal secara kimiawi terdapat murni atau paling tidak kemurniannya 99,99%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar