Pengunjung Blog Mekanik Otomotif

Selasa, 10 Januari 2012

Sumber Listrik

Perlu dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan sumber listrik bukanlah suatu alat yang dapat mengeluarkan listrik. Orang awak seringkali tidak dapat membedakan pengertian sumber listrik dengan pengertian sumber-sumber yang lain secara tegas.

Sumber listrik atau sering juga disebut sebagai pembangkit listrik. Pada dasarnya adalah suatu alat listrik yang dapat menyediakan suatu energi untuk menggerakkan elektron-elektron seperti seuah pompa, yang mendorong sejumlah elektron supaya bergerak secara teeratur pada suatu penghantar. Energi yang dapat menggerakkan elektron-elektron dalam suatu penghantar disebut Elektro Motif Force (EMF)

Energi adalah suatu yang memiliki kemampuan kerja, energi dapat merubah sesuatu keadaan bentuk lain, ini dapat digambarkan sebagai berkut; Pembakaran arang akan menghasilkan energi panas, selanjutnya energi panas melakukan kerja dengan mengubah air menjadi uap. bila uap digunakan untuk menggerakkan turbin maka akan menghasilkan energi gerak (putaran). Energi gerak diperlukan untuk menggerakkan generator listrik, yaitu suatu alat yang dapat energi mekanik menjadi energi listrik, kemudian energi listrik itu dapat digunakan untuk merubah menjadi energi panas, cahaya, atau kemali lagi menjadi energi mekanik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar